PRAMUKA SMPIT TBZ: PINTER PRAMUKA SIT
Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

PINTER PRAMUKA SIT

  • Friday, May 20, 2011
  • PRAMUKA TBZ
  • PASUKAN INTI TERPADU PRAMUKA SIT 
      

    Merintis dan melahirkan sebuah entitas baru bukanlah pekerjaan mudah. Awal tahun 2010 SMPIT memutuskan untuk melahirkan sebuah entitas baru bernama PRAMUKA SIT SMPIT Thariq Bin Ziyad. PRAMUKA SIT sendiri merupakan metamorfosa dari Pandu SIT yang pada Juli 2008 memutuskan bergabung dan melebur bersama dalam ruang gerak yang lebih luas yakni Gerakan Pramuka (GP) Indonesia.

     
     Latar belakang Pandu SIT bergabung dengan Gerakan PRAMUKA antara lain adalah :
    1.       Tujuan Gerakan Pramuka sejalan dengan Pandu SIT.
    2.       Para tokoh da’wah telah memberikan pandangan akan urgensinya Pandu SIT bermusyarakah dengan Gerakan Pramuka.
    3.       Sabda Rasulullah SAW : ”Dimana kalian menemukan hikmah maka kalian lebih berhak atasnya”. Maka filosofi Gerakan Pramuka ibarat hikmah yang kita temukan.
    4.       Perlu memperluas ruang gerak amal sholeh dan berbuat ihsan.
    5.       Kegiatan Kepanduan dalam wadah Gerakan Pramuka tidak akan menghilangkan kekhasan/jati diri SIT.
    6.       Siswa-siswi SIT mempunyai peluang besar untuk berkompetisi dengan siswa-siswi di sekolah lain.
    7.       Menunjukan kepada semua warga sekolah (siswa, guru dan orang tua dan ummat Islam pada umumnya bahwa dalam Islam ada sesuatu yang bersifat Tsawabit (tetap) dan Mutaghayyirat (berubah).
    8.       Legalitas formal wadah kegiatan kepanduan diatur dalam undang-undang atau peraturan yang berlaku.

    PRAMUKA SMPIT Thariq Bin Ziyad mengawali debut ke-PRAMUKA-annya dengan ikut serta dalam event internasional berskala regional (Asia Tenggara) yakni dalam Perkemahan International 2009 (PRINT ’09) yang diselenggarakan di Selangor Malaysia pada bulan Desember 2009. Itulah yang menjadi simpul pangkal dimulainya tunas PRAMUKA SMPIT Thariq Bin Ziyad. Maka di tahun ajaran 2010/2011 PRAMUKA SMPIT Thariq Bin Ziyad resmi lahir sebagai entitas baru yang juga merupakan salah satu wadah pendidikan karakter yang saat ini sedang didengung-dengungkan. Dan kegiatan perdana yang dijadikan sarana untuk memperkokoh, memperkuat, memotivasi dan menumbuhkan kepercayaan diri para peserta didik adalah dengan mengikutsertakan mereka dalam Perkemahan Wilayah Ukhuwah (KemWil) V yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Rama Sinta Candi Prambanan, Yogyakarta pada bulan Juni 2010. Event ini menjadi awal yang baik sebagai starting point dalam usaha merintis PRAMUKA SMPIT Thariq Bin Ziyad.
    Namun sebelum pembinaaan PRAMUKA terfokus pada peseta didik, terlebih dahulu harus dilahirkan Pembina PRAMUKA yang mengerti apa itu PRAMUKA SIT. Oleh karena hal itu merupakan salah satu pilar penting dalam membina PRAMUKA maka pada bulan Mei 2010 SMPIT Thariq Bin Ziyad mengirimkan Pembina PRAMUKAnya untuk membekali diri di candradimuka Pusat Pendidikan dan Latihan PRAMUKA Nasional (PUSDIKLATNAS) dalam Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina PRAMUKA Tingkat Nasional bersama para Pembina PRAMUKA SIT dari seluruh Indonesia yang dilaksanakan selama 7 hari 7 malam (3 hari di kelas, 4 hari berkemah). Pasca KMD, Pembina PRAMUKA harus melaksanakan Narakarya I yakni aktif mengabdikan dirinya membina peserta didik PRAMUKA minimal selama 6 bulan sebagai salah satu prasyarat untuk dapat mengikuti Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Pembina PRAMUKA. Berbeda dengan KMD, KML dilaksanakan dengan berkemah selama 7 hari 7 malam. Di KML inilah pendidikan tertinggi bagi para Pembina PRAMUKA untuk selanjutnya melaksanakan Narakarya II yakni mencetak para PRAMUKA yang bukan hanya memiliki ketrampilan dan teknik kePRAMUKAan namun juga memiliki watak dan karakter sesuai dengan tujuan PRAMUKA. Dan Alhamdulillah Pembina PRAMUKA SMPIT Thariq Bin Ziyad telah pula mengikuti dan mengantongi sertifikat Kursus Mahir Lanjutan (KML) Pembina PRAMUKA Tingkat Nasional dari PUSDIKLATNAS.
    Narakarya II melahirkan segudang tugas dan PR bagi Pembina PRAMUKA SMPIT Thariq Bin Ziyad. Mulai dari membentuk Pasukan Inti Terpadu (PINTER) PRAMUKA SIT sampai membangun Gugus Depan lengkap di lingkungan LPIT Thariq Bin Ziyad yang terdiri dari Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Oleh karena itu peran serta aktif Pembina PRAMUKA dari unit SDIT hingga SMAIT Thariq Bin Ziyad sangat diharapkan untuk memulai langkah dan gerak bersama mempersiapkan para prajurit dakwah yang akan menyebarkan fikroh keIslaman lewat Gerakan Pramuka. Dan prajurit dakwah PRAMUKA SIT itu akan berkumpul dalam Perkemahan Ukhuwah Tingkat Nasional (KemNas) 2011 yang akan diselenggarakan bulan Oktober mendatang.
    Sampai Jumpa di KemNas 2011. 
    SALAM PRAMUKA …!!!

    0 comments:

    .:[Close]:.
    Photobucket