PRAMUKA SMPIT TBZ: PRINT '11 & WISATA IPTEK (part 2) - habis
Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

PRINT '11 & WISATA IPTEK (part 2) - habis

  • Friday, December 30, 2011
  • PRAMUKA TBZ

  • SUASANA PERKEMAHAN

    Hutan Lipur Ulu Bendul adalah salah satu dari sekian banyak hutan wisata yang terdapat di Malaysia. Terletak ±60 Km dari Kuala Lumpur, Hutan Lipur Ulu Bendul memiliki berbagai fasilitas menarik diantaranya adalah Taman Ular Sawa, Taman Herba, Kolam Renang, Tapak Perkemahan, Arena Outbound, Wisata belanja dan kuliner, Hutan Lindung Angsi dan Gunung Angsi setinggi 825 mdpl. Lokasi tapak kemah kami terletak ditengah-tengah kawasan Hutan Lipur Ulu Bendul dengan tanah bercampur pasir putih yang jika hujan air segera meresap kedalam tanah dan tidak terlalu becek. Tujuh regu putra dan enam regu putri bergegas mendirikan tenda sesaat setelah urusetia memberikan sekitar 15 buah tenda untuk kemah kami selama 4 hari disana. Yang jadi tantangan saat berkemah adalah hujan yang menerpa kemah dan kegiatan kami setiap hari siang dan malam. Matahari tak kuasa menembus nakalnya awan dan tetesan air hujan yang sepanjang hari menghalangi, sehingga basah dan angin sejuk merupakan teman kami sehari-hari. Namun berbagai jenis kegiatan yang digelar oleh urusetia tetap kami ikuti. Mulai dari Senam Nusantara yang dengan luar biasa dipandu oleh kontingen dari Indonesia, pendakian gunung Angsi, menyaksikan Basic Self Defence (BaSeD) dan memperagakan bela diri dasar Pramuka SIT, menyaksikan Succes Story KRS Musleh dan mengenalkan Pramuka SIT, agenda internal (hiking, outbound, mengunjungi taman ular), menjadi pengisi kultum maghrib dan kuliah shubuh, serta menampilkan nasyid dalam malam pentas seni budaya. Bahkan tim nasyid Print Voice (kontingen Pramuka SIT Indonesia) yang tidak lebih dari sepekan dibentuk dan dilatih mendapatkan apresiasi dan penghargaan sebagai penghibur terbaik dalam kegiatan perkemahan kali ini.

    BERTUKAR ATRIBUT, KIASAN SEBUAH PERSAUDARAAN

    Upacara penutupan baru saja usai. Kak Sukro selaku Mabinas SAKO Pramuka SIT memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan, memberikan semangat kepada seluruh peserta sekaligus mengundang KRS Malaysia dan Luk Sua Thailand untuk hadir dalam Perkemahan Ukhuwah Nasional (KEMNAS) ke-2 yang akan digelar Januari 2012 di Cibubur.
    Sebuah pemandangan unik usai acara penutupan dan bersalam-salaman berlangsung adalah cengkrama peserta dari tiga negara (Indonesia, Malaysia dan Thailand) saling bertukar atribut masing-masing. Baret, topi, pin, kacu, ring kacu, epaulette, bahkan ikat pinggang dan atribut lain kini sudah berpindah tempat dan pemilik. Keikhlasan mereka memberi apa yang saudaranya minta menjadi kiasan persaudaraan diantara mereka. Subhanallah…

    ANTARA PRAMUKA SIT INDONESIA, KRS MUSLEH MALAYSIA DAN LUK SUA THAILAND

    Pramuka SIT Indonesia merupakan Satuan Komunitas pertama di Indonesia yang meleburkan diri ke dalam wadah besar Gerakan Pramuka sebagai organisasi resmi kepanduan di Indonesia dan mengikuti seluruh aturan yang ada dalam Gerakan Pramuka. KRS (Kadet Remaja Sekolah) Musleh adalah bagian dari wadah besar KRS (Kadet Remaja Sekolah) Malaysia sebagai organisasi pemuda sejenis scout/pandu dibawah naungan pemerintah Malaysia. Luk Sua Thailand adalah organisasi resmi kepanduan Thailand yang juga merupakan anggota WOSM (World Organizatioan of the Scout Movement) seperti Gerakan Pramuka. Ketiga elemen ini bergabung dalam sebuah perkemahan diantaranya adalah atas dasar kesamaan fikroh keIslaman.
    Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia, Pertubuhan IKRAM-MUSLEH Malaysia dan Jaringan Sekolah Bestari Thailand merupakan lembaga ber-genre sejenis yang seiring sejalan menanamkan dan menumbuhkan Syakhsiyah Islamiyah kepada pemuda-pemuda Islam. Ketiganya memiliki pemuda-pemuda tangguh dalam scout-nya masing-masing. Dan itu sudah dibuktikan dalam PRINT ’11. Kegiatan serupa akan terus berlanjut baik di Indonesia, Malaysia maupun Thailand.

    WISATA IPTEK YANG MENYENANGKAN

    Hari-hari terakhir kami di Malaysia adalah berwisata. Pengalaman yang sungguh luar biasa dan menyenangkan. Bas Persiaran yang nyaman, bilik hotel yang comfort, makanan yang enak dan pemandangan yang indah menjadi pelengkap pengembaraan kami di negeri jiran. Ilmu pengetahuan juga menjadi lebih mendalam dengan kunjungan kami ke Petrosains yang berada didalam menara kembar Petronas, pusat pemerintahan Malaysia di Putrajaya, Pusat Sains Negara  dan diakhiri dengan naik SkyWay (kereta gantung) di Genting Highlands yang merupakan SkyWay terpanjang di asia tenggara, walaupun antrinya juga panjaaaang.

    BERPISAH UNTUK BERTEMU KEMBALI

    Rangkaian PRINT ’11 dan Wisata Iptek telah berakhir. Ditutup dengan malam perpisahan di Genting View Resort. Perpisahan yang akan mempertemukan dan mempererat kembali ukhuwah kami, merapatkan barisan di KEMNAS 2 InsyaAllah. Karena kami berazzam bahwa …
    Kami generasi muda yang gigih
    Bertekad kuat membangun negeri
    Agar Indonesia membumbung tinggi
    Harum semerbak seantero bumi
    Pramuka SIT Indonesia
    Dengan Islam kami terus melangkah
    Pramuka SIT Indonesia
    Dengan takwa kami meraih cita
    Tangguh, tangkas, teguh di dalam jiwa
    Pramuka SIT Indonesia

    Tim Media
    Pramuka SMPIT Thariq Bin Ziyad
    http://pramukatbz.blogspot.com

    0 comments:

    .:[Close]:.
    Photobucket