PRAMUKA SMPIT TBZ: TBZ di KEMNAS 2 PRAMUKA SIT
Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

TBZ di KEMNAS 2 PRAMUKA SIT

  • Monday, January 16, 2012
  • PRAMUKA TBZ

  • BERITA DARI JURNAL JAMBORE
    (Jurnal Jambore merupakan media sosial berbentuk grup yang dikelola oleh para aktifis dan pemerhati Pramuka yang peduli terhadap perkembangan kePramukaan. Admin-nya mendapatkan bintang darma bakti dari presiden karena dianggap berhasil mengelola media sosial ini kearah yang baik).
    Bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur, Kamis pagi 12 Januari 2012 Kak Azrul Azwar selaku Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka membuka secara resmi kegiatan Satuan Komunitas (SAKO) PRAMUKA SIT dalam “Perkemahan Ukhuwah Nasional (KEMNAS) 2 Pramuka Sekolah Islam Terpadu”. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 5000 peserta Penggalang dan Penegak dari sekitar 400-an Sekolah Islam Terpadu yang tersebar di seluruh Indonesia. Disamping itu diikuti pula oleh peserta dari KRS (Kadet Remaja Sekolah) Malaysia dan Luk Sua (Anak Harimau) Thailand. Upacara pembukaan yang diikuti oleh seluruh peserta KEMNAS 2 Pramuka SIT diawali dengan Tilawah Al-Quran yang ditasmi’ oleh penggalang SD yang telah menghafal 12 juz, pembacaan teks Pancasila, Pembukaan UUD ’45 dan Dasa Darma. Dalam kata sambutannya Kak Azrul menyambut baik kegiatan yang diadakan oleh SAKO Pramuka SIT dan berharap diikuti oleh SAKO-SAKO yang lain. Yang menarik adalah upacara pembukaan ditandai dengan peluncuran Roket Air, Panahan dan aksi Robot yang pandai semaphore. Kegiatan tersebut mengundang decak kagum Ka.Kwarnas karena menurut beliau hal tersebut (Pramuka IPTEK) sedang digarap oleh Kwartir Nasional namun sudah terlebih dahulu dilaksanakan oleh SAKO Pramuka SIT. Upacara ditutup dengan defile seluruh peserta melewati panggung kehormatan diiringi Mars Pramuka SIT yang dipandu langsung oleh Justice Voice.

    RIVA, SANG PRATAMA YANG GAGAH
    Siaaaaap… Grak…!!!. Demikian aba-aba panjang yang dilantangkan oleh pemimpin upacara pada pembukaan KEMNAS 2 Pramuka SIT di Bumi Perkemahan Cibubur pagi itu. Riva Aprilliana Fauzan, Pramuka penggalang gagah yang sudah memiliki 9 buah TKK (Tanda Kecakapan Khusus) di selempangnya itu ternyata berasal dari Gugus Depan Sekolah Islam Terpadu Thariq Bin Ziyad Bekasi Jawa Barat. Siswa kelas 8E RSBI SMPIT Thariq Bin Ziyad itu terpiih dan dipercaya menjadi Pratama (Pemimpin Regu Utama) setelah melewati seleksi yang dilakukan oleh KorNas Pramuka SIT untuk memimpin upacara pembukaan dan penutupan KEMNAS 2. Ucapan selamat dan jabat tangan dari Ka.Kwarnas beserta petinggi Pramuka SIT menjadi motivasi tersendiri bagi sang Pratama. Riva yang merupakan salah satu siswa berprestasi ini juga pernah berkesempatan bertugas memberikan kuliah Shubuh mewakili kontingen Indonesia didepan para peserta Perkemahan Internasional 2011 di Malaysia Desember lalu.

    GUGUS DEPAN PRAMUKA SIT TBZ
    Gugus Depan 06.215-06.216 Pangkalan Thariq Bin Ziyad pada KEMNAS 2 ini mengirimkan 10 regu penggalang terdiri dari 2 regu putra & 2 regu putri SDIT TBZ PHP, 1 regu putra & 1 regu putri SDIT TBZ JTM, 2 regu putra & 1 regu putri SMPIT TBZ, serta tidak ketinggalan 1 regu putra SMPIT TBZ Boarding School. Gugus Depan (Gudep) TBZ sesungguhnya memiliki potensi untuk berprestasi karena para pembinanya telah mengikuti KMD (Kursus Mahir Dasar) dan KML (Kursus Mahir Lanjutan) Tingkat Nasional di Pusdiklatnas Pramuka. Gudep yang hampir lengkap dari tingkat siaga sampai penegak (menunggu adanya Pramuka Penegak) ini sudah saatnya merapikan dan merapatkan barisan melalui Musyawarah Gugus Depan (Mugus) yang sedianya segera dilaksanakan. Karena Pramuka merupakan salah satu sarana tebaik dalam membangun Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (PBKB) yang sekarang ini sedang digalakkan oleh Kemendikbud. Demikian pula sebagaimana tema KEMNAS 2 yaitu “Bersama Pramuka SIT Bangun Karakter Bangsa” yang merupakan “Bukti Cinta Padamu Negeri, Membangun Karakter Bangsa” seperti tertera di kaos KEMNAS 2 Pramuka SIT.
    Di even berskala nasional ini Pramuka SIT TBZ sudah mampu bersaing dengan Pramuka SIT lain yakni dengan meraih Juara 2 LKBB (Lomba Keterampilan Baris Berbaris) Penggalang SMP tingkat kelurahan dengan selisih poin yang cukup tipis. Walau tidak berhasil masuk final namun sudah merupakan kebanggaan tersendiri bagi para peserta LKBB mengingat waktu latihan baru dimulai sepulang dari PRINT’11 di Malaysia dan hanya 3 hari dengan diselingi hujan setiap harinya. 

    KEGIATAN KEMNAS 2 YANG PADAT NAMUN MENYENANGKAN
    Kamis siang 12 Januari 2012 selepas upacara pembukaan, mobil-mobil tronton dan bus dari Mako Brimob berbaris rapi di Bumi Perkemahan Cibubur siap mengantarkan penggalang SD menuju Markas Komando Brigade Mobil Kelapa Dua Depok. Sementara di sisi lain tronton TNI AL juga siap mengantar penggalang SMP dan penegak SMA ke Pangkalan Udara Militer Lanud Halim Perdana Kusuma. Pengalaman yang luar biasa bagi para peserta KEMNAS 2 memiliki kesempatan menyaksikan langsung aksi dan peralatan dari sistem  pertahanan dan keamanan negara dari masing-masing satuan. Selain itu di arena KEMNAS 2 juga dilaksanakan latihan menembak bagi penggalang SMP yang ditangani langsung oleh Pindad TNI AD dan Perbakin (Persatuan Menebak Indonesia). Maka dengan demikian seluruh angkatan bersenjata dan kepolisian turut mendukung kegiatan KEMNAS 2 ini.
    Kegiatan yang juga menarik bagi para peserta KEMNAS 2 adalah kegiatan rotasi yang meliputi Outbound, Halang Rintang, Survival Kids dan Teknik Teropong Bintang bagi penggalang SD. Untuk penggalang SMP ada kegiatan Teknologi Roket Air, Airsoft Gun dan SAR Air yang dilakukan dengan menyeberangi danau Situbaru Cibubur menggunakan pelampung. Sedangkan penegak SMA dilatih Panahan, Teknologi Robotik dan SAR Air dengan rakit bambu.
    Kegiatan lomba dilaksanakan keesokan harinya serentak pada Jumat pagi 13 Januari 2012 dengan sangat meriah. Seluruh kontingen mempersiapkan regu terbaiknya untuk terjun membuktikan keberhasilan Pramuka SIT di daerahnya. Kegiatan lomba meliputi semaphore, membuat tandu dan tiang bendera, serta tahfidz juz 30 bagi penggalang SD. Penggalang SMP dilombakan LKBB, membuat menara pandang, masak rimba dan tahfidz juz 29. Penegak SMA berlomba membuat jembatan darurat, khotib dan kultum.
    Selain kegiatan kunjungan dan rotasi, di KEMNAS 2 Pramuka SIT juga dihibur dengan Konser Nasyid dari Justice Voice dan Muadz Dzulkifli dari Malaysia dan ditutup dengan nonton bareng film Pramuka ”Lima Elang” di malam pertama perkemahan yang disupport langsung oleh Kwarnas dan produser filmnya. Dimalam kedua perkemahan diselenggarakan Qiyamullail nasional, dan dimalam ketiga ada kegiatan pentas seni budaya di masing-masing kelurahan. Dimalam terakhir disuguhkan nasyid-nasyid penyemangat dalam Konser Kemanusiaan bertajuk “Untuk Pendidikan Palestina yang Lebih Baik” yang dimeriahkan oleh Thumb Band berkolaborasi dengan Izzatul Islam, Izzatul Islam, Ruhul Jadid dan Shoutul Harokah dengan Ka Faris JV sebagai MC. Pada malam itu terkumpul sumbangan sebanyak Rp. 20 juta dari Pramuka SIT untuk pendidikan Palestina.  

    KEMNAS MENGAJARKAN KAMI
    Keragaman kami temukan di KEMNAS 2 Pramuka SIT. Bukan teori dibuku, bukan cerita dari bapak atau ibu guru tapi kami rasakan langsung. Di KEMNAS bisa ditemukan tetangga kemah, kanan dari pulau Kalimantan, kiri dari pulau Sumatra, depan pulau Sulawesi, belakang pulau Jawa. Interaksi langsung dengan teman-teman dari seluruh Indonesia bahkan dari Malaysia dan Thailand menjadi pengalaman berharga yang boleh jadi jarang ditemukan. KEMNAS mengajarkan kami tentang KEBERAGAMAN.
    Setiap hari kemah diguyur hujan. Basah, dingin, becek dan kotor ditengah lelah setelah mengikuti kegiatan yang padat merupakan bagian dari kegiatan kemah kami. Bukan saatnya mengeluh, bukan saatnya manja, dan bukan saatnya lebay. Tapi inilah saatnya belajar, belajar banyak hal dalam kehidupan. KEMNAS mengajarkan kami tentang KETANGGUHAN.
    Lomba-lomba yang kami ikuti adalah bentuk belajar kami berkompetisi (fastabiqul khairat). Kalah dan menang adalah hal biasa dalam setiap perlombaan asalkan sportifitas dan fair play tetap dijunjung tinggi. Sebagaimana salah satu dari 18 karakter bangsa, KEMNAS mengajarkan kami tentang MENGHARGAI PRESTASI.
    Jadwal kegiatan yang padat menuntut kami untuk dapat mengatur waktu sedemikian rupa sehingga seimbang antara aktifitas dan waktu istirahat. Selalu bersama dalam regu memupuk kekompakan dan kebersamaan kami. Memasak menumbuhkan kemandirian kami. Dengan bersama kami mengatur agar semuanya berjalan dengan baik. KEMNAS mengajarkan kami tentang KEDISIPLINAN.
    Malam terakhir dikemah kami disuguhkan sebuah konser penyemangat dan pengingat bagi saudara-saudara kami di Palestina. KEMNAS mengajarkan kami tentang    KEMANUSIAAN.
    Masih banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang kami dapatkan melalui KEMNAS. Saatnya pelajaran ini berusaha kami aplikasikan dimanapun kami berada. Sampai jumpa di KEMNAS 3 Pramuka SIT tahun 2014.
    Salam Pramuka…!!!

    Tim Media Pasukan Inti Terpadu
    Pramuka SIT Thariq Bin Ziyad
    Gugus Depan 06.215-06.216






    share on:
    facebook

    0 comments:

    .:[Close]:.
    Photobucket